Tips Posisi Tidur Terbaik Selama Kehamilan

www.infoibu.com

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik selama kehamilan?   Pada kehamilan trimester awal dimana perut belum membesar, ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi apapun.  Yang penting adalah dapat memberikan rasa nyaman untuk ibu hamil untuk dapat tidur.

Tapi ketika kehamilan selanjutnya ketika perut semakin membesar maka saat tidur andapun mulai tak nyaman lagi, karena perut yang membesar, gerakan bayi dan kram kaki.  Tapi percayalah ini semua mempunyai nilai yang besar dengan hadirnya si kecil nantinya. 

 

Jadi sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik selama kehamilan? 

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi para pakar menganjurkan bahwa  setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan POSISI MIRING KE SISI KIRI, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. .

Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman  anda dapat meletakka  bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal tidur khusus ibu hamil.

Dr.Suririnah-www.infoibu.com

Baca artikel selengkapnya di: 

Berbagai  Posisi Tidur Ibu Hamil & Apa Pengaruhnya?

 

Hak cipta pada www.infoibu.com.  Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.  Dilarang menyalin, mempublikasikan, meng-copy isi situs tanpa seizin Infoibu.com. Infoibu.com tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan informasi bila dipublikasikan diluar Infoibu.com.  www.infoibu.com memberikan panduan informasi kesehatan keluarga anda, yang semata sebagai penyebaran informasi dan edukasi, yang tidak merupakan dasar diagnosa, pengobatan dan perawatan.  Tetaplah berkonsultasi kepada dokter anda untuk menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan. Pemakaian Informasi di situs ini diluar tanggung jawab penerbit www.infoibu.com.

 

 

Klik --Ke Halaman Depan