Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Selama Kehamilan

www.infoibu.com

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Ketika usia kehamilan bertambah, maka kesulitan tidur yang nyaman akan menjadi keluhan yang sering pada ibu hamil.  Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu karena keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak didaerah ulu hati, dsb.  Semua hal ini menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk tidur dengan nyaman di malam hari.

Ketika anda merasa tidak dapat tidur dengan nyenyak maka anda berfikir bagaimana dengan bayi dalam kandungan anda? Jangan kuatir !--- Para pakar menyatakan bahwa meskipun istirahat sebanyak mungkin adalah hal yang paling ideal, tapi kurang tidur saat kehamilan tidak akan membahayakan bayi anda.

Beberapa Tips yang dapat anda coba lakukan untuk membantu anda tidur lebih nyaman :

  • Carilah posisi tidur yang nyaman untuk anda.

Faktor yang terpenting untuk dapat tidur dengan nyaman adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda.  Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.  (Baca artikel : Berbagai  Posisi Tidur Ibu Hamil & Apa Pengaruhnya?)

  • Mandi dengan air hangat.

Basuhlah tubuh anda dengan mandi air hangat (jangan terlalu panas) dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda siap untuk tidur.

  • Hindari makan terlalu banyak saat menjelang tidur.

Saat hamil seringkali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari tapi hati - hatilah karena bila keinginan untuk makan itu datang di waktu malam hari karena dapat mempengaruhi tidur anda.  Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saaat menjelang tidur.  Anda dapat mengantinya dengan snak yang ringan atau segelas susu hangat. 

Hal ini untuk mengurangi rasa tak enak di daerah ulu hati / perut anda yang juga akan dapat mempengaruhi saat tidur anda.  (Baca artikel :  Gejala dan keluhan selama kehamilan anda)

  • Minum segelas susu hangat

Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur hal ini didasarkan susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu anda untuk dapat tidur.

  • Musik ...musik...

Dengarkanlah musik yang dapat memberikan ketenangan dan rasa rileks pada anda.  Pilihlah musik apapun yang penting dapat memberikan ketenangan buat anda.  Dengan merasa tenang dan rileks akan mudah untuk anda untuk tidur lebih nyaman.

  • Hubunga seks ?

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda juga dapat merupakan salah satu cara yang baik untuk memberikan rileks dan santai buat anda.  Tapi bila anda merasa ' Tidak Ingin" melakukan hal ini, mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan secara lembut sehingga anda akan merasa lebih rileks dan perasaan bahagia karena diperhatikan / dimanjakan.

  • Latihan menarik nafas.

Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong mengurangi ketegangan otot dan membantu anda untuk tidur lebih baik.

Carilh posisi yang nyaman buat anda, duduk, berdiri ataupun berbaring, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2  detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan lakukan beberapa kali.

  • Beristirahat selagi anda dapat.

Selalu beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat. 

Ini adalah beberapa tips buat anda untuk dapat membantu tidur malam yang lebih nyaman.  Ingatlah bahwa gangguan tidur adalah keluhan yang umum selama kehamilan.  Bersabarlah dan jadikanlah sebagai salah satu pengalaman indah dalam kehamilan anda ini dan semuanya akan terbayarkan dengan lahirnya si buah hati .

Dr.Suririnah-www.infoibu.com

 

Baca artikel selengkapnya di: 

Berbagai  Posisi Tidur Ibu Hamil & Apa Pengaruhnya?

Gejala dan perubahan tubuh ibu selama hamil.

 

Hak cipta pada www.infoibu.com.  Hak cipta dilindungi oleh Undang-Undang.  Dilarang menyalin, mempublikasikan, meng-copy isi situs tanpa seizin Infoibu.com. Infoibu.com tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan informasi bila dipublikasikan diluar Infoibu.com.  www.infoibu.com memberikan panduan informasi kesehatan keluarga anda, yang semata sebagai penyebaran informasi dan edukasi, yang tidak merupakan dasar diagnosa, pengobatan dan perawatan.  Tetaplah berkonsultasi kepada dokter anda untuk menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan. Pemakaian Informasi di situs ini diluar tanggung jawab penerbit www.infoibu.com.

 

 

Klik --Ke Halaman Depan